Rabu, 26 Januari 2011

Sosialisasi Raskin 2011


Wabup Buka, Launching Program Raskin 2011

SIDRAP – Wakil Bupati (Wabup) Sidrap H Dollah Mando Rabu (26/1) membuka Peluncuran perdana Program Beras Miskin (Raskin) tahun 2011 tingkat Kabupaten Sidrap.Selain membuka secara resmi Launching tersebut juga diwarnai pelepasan balon ke udara serta penyerahan secara simbolis raskin oleh Wakil Bupati Sidrap, H Dollah Mando.

Serangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi program raskin 2011 yang diikuti para camat, kepala desa dan lurah se-Kab. Sidrap. Sosialisasi yang berlangsung di ruang Pola Kantor Bupati Sidrap tersebut dihadiri Asisten Ekonomi Pembangunan Sidrap, Drs Syarifuddin MSi, Ketua Komisi I DPRD Sidrap, Drs Anasrudin, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sidrap, Drs H A Baharuddin S, Kepala Sub Divre Bulog Sidrap, Ramli Hasan, serta sejumlah unsur terkait lainnya.
Dalam sambutannya, H Dollah Mando mengatakan pada tahun 2011 ini jumlah raskin yang disalurkan di Kabupaten Sidrap mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. “Tahun ini raskin yang akan disalurkan meningkat sekira 120.000 ton dari tahun 2010 lalu yang mencapai 3.056.430 ton,”ujarnya.

Dollah Mando menambahkan, jatah penerima raskin tiap bulannya juga mengalami peningkatan. Dikatakannya, jika tahun 2010 lalu setiap kepala keluarga menerima 13 kg/bulan, maka tahun ini bertambah menjadi 15 kg/bulan.
Sementara mengenai harga, Dollah Mando mengatakan sama dengan tahun lalu yaitu Rp1.600/kg. “Jadi harganya tidak boleh melewati itu, kalau mau kurang terserah,” ungkapnya setengah bercanda.
Mantan Kadis Pertanian Sidrap tersebut selanjutnya menjelaskan prinsip 6 Tepat yang harus dipenuhi demi kesuksesan program raskin. “Prinsip tersebut adalah, tepat penerima, tepat jumlah, tepat harga, tepat pelaksanaan, tepat administrasi dan tepat kualitas,”terangnya.
“Jika prinsip 6 Tepat terpenuhi, ditambah dengan pengawasan intensif dari tingkat kabupaten sampai desa/kelurahan, tentunya penyaluran raskin tahun akan lebih baik lagi,”pungkas Dollah.(Hamsah)

Tidak ada komentar: